Minggu, 16 Juni 2013

KONTES BURUNG BERKICAU SDK COMMUNITY CUP 1 DIIKUTI 100 BURUNG



Laporan : MUHAMMAD NUR OKT 

Dengan mengambil tempat di Lapangan Achmad Kirang depan Pendopo Rujab lama Mamuju Minggu, 16 Juni 2013 Kontes Burung Berkicau yang bertajuk " SDK Community Cup 1 " didukung oleh  kumpulan anak-anak muda pendukung setia Bupati Mamuju Bapak Drs. Suhardi Duka, MM. Kontes Burung berkicau  diselenggarakan untuk yang pertama kalinya di Ibukota Provinsi Sulawesi Barat Mamuju berlangsung cukup meriah diikuti oleh lebih dari 100 Burung Berkicau seperti Murai Batu Medan, Kenari, Kacer, Cendet, Cucak Ijo, dan Campuran Lokal.




Menurut M.Aditiya Arie Y penggagas dan Pelaksana dalam kata sambutannya mengatakan Kontes ini berawal dari bincang-bincang dengan beberapa Orang penggemar dan pencinta burung berkicau yang setiap minggu membawa burung-burung peliharaan mereka ketempat ini, yang kemudian timbul ide untuk membuat semacam kontes agar terjalin silaturrachmi, dengan membentuk suatu komunitas Pencinta Burung Berkicau dalam satu wadah sesama pencinta burung berkicau dengan SDK Community wadah anak muda dan orang tua yang berjiwa muda yang bergerak dalam Politik namun tetap konsen terhadap even-even masyarakat. " kata Aditya.




Pada bagian lain sambutannya Aditya mengatakan bahwa " Kontes Burung Berkicau Cup 1 tidak akan berhenti sampai disini saja, kami akan terus menjalin Komunikasi dengan Komunitas Pencinta Burung Berkicau yang sudah ada dan Insya Allah akan kembali menyelenggarakan Even ke-2 pada 6 bulan kemudian secara berkala " Jelas Aditya.




Setiap Jenis Burung yang diperlombakan dan dipilih pemenang satu (1), Dua (2) dan tiga (3) oleh Dewan Jurui yang didatangkan dari Makassar Oleh penyelenggara, dari hasil pantauan Warta Warga Sulbar sekitar 50 burung berkicau yang ikut Lomba berasal dari Kicau Mania Makassar yang datang ke Mamuju sehari sebelum Kontes digelar.




Untuk Pemenang 1,2, dan 3 dari setiap jenis Burung berkicau mendapatkan hadiah Piala, Piagam dan Uang Pembinaan, disamping itu Panitia juga menyiapkan puluhan dorprise barang-barang elektronik seperti TV, Dispenser, kipas angin dan jam dinding untuk peserta yang beruntung.




Kontes Burung berkicau baru dimulai sekitar jam 10.00 dan berakhir sekitar pukul 13.55 Wita. Berikut daftar peserta sesuai jenis dan urutan pemenangnya :

JENIS MURAI BATU MEDAN DIIKUTI OLEH 11 BURUNG, JUARANYA :
  1. PAK SLAMET DARI MAKASSAR
  2. KICAU MANIA MAKASSAR,'
  3. JOYO DARI MAMUJU,
MURAI BATU CAMPURAN, DIIKUTI OLEH 18 BURUNG, JUARANYA :
  1. PANJUL
  2. ICAL DARI MAMUJU
  3. H. ARSAL ARAS  MAMUJU,
BURUNG KENARI, DIIKUTI OLEH 12 BURUNG  JUARANYA :
  1. MUH. SIBA DARI MAKASSAR,
  2. PAK EKO DARI MAMUJU,
  3. KICAU MANIA MAKASSAR,
BURUNG KACER, DIIKUTI OLEH 16 BURUNG, JUARANYA :
  1. KICAU MANIA MAKASSAR,
  2. KICAU MANIA MAKASSAR,
  3. MUH. SIBA MAKASSAR,
BURUNG CENDET, DIIKUTI OLEH 7 BURUNG, JUARANYA :
  1. KICAU MANIA MAKASSAR,
  2. M. IDRIS MAMUJU,
  3. PA BENNI MAMUJU,
BURUNG CUCAK IJO, DIIKUTI OLEH 10 BURUNG JUARANYA :
  1. PAK JOYO MAMUJU,
  2. KICAU MANIA MAKASSAR,
  3. KICAU MANIA MAKASSAR
BURUNG CAMPURAN LOKAL, DIIKUTI OLEH 11 BURUNG, JUARANYA :
  1. PAK MANTO MAKASSAR,
  2. KICAU MANIA MAKASSAR,
  3. Drs. NAJAMUDDIN .
Menurut salah seorang peserta lomba yang datang dari luar kota kisaran harga burung yang sudah memenangkan perlombaan di daerah-daerah yang banyak penggemar burung berkicau sekitar puluhan juta rupiah, bahkan katanya Burung  Anis merah, adalah burung Lomba yang harga pasarannya paling mahal saat ini di Indonesia, sayang belum dipertandingkan disini hari ini, Burung Anis merah yang sudah piawai berkicau harganya bisa mencapai 25 Juta rupiah bahkan di Jakarta ada Burung Anis Merah yang harganya berkisar antara 25 sampai 50 jura rupiah " katanya.***












Tidak ada komentar:

Posting Komentar